Cegah Penularan TB dengan Memanfaatkan Jendela


Tuberkulosis adalah penyakit menular langsung yang disebabkan oleh kuman TB (Mycobacterium Tuberculosis). Mycobacterium tuberculosis termasuk basil gram positif berbentuk batang dinding selnya mengandung lipida-gikolipida-wax yang membuatnya sulit untuk ditembus zat kimia. Sebagian besar kuman TB menyerang paru, tetapi dapat juga mengenai organ tubuh lainnya. Kuman ini mempunyai sifat khusus yakni tahan terhadap asam sehingga disebut sebagai Basil Tahan Asam (BTA).

Sumber penularan utama pada TB adalah droplet (percikan dahak). Droplet yang mengandung kuman dapat bertahan di udara pada suhu kamar selama beberapa jam.  Umumnya penularan terjadi dalam ruangan dimana droplet berada dalam waktu yang lama. Setiap orang dapat terinfeksi jika droplet tersebut terhirup kedalam saluran pernafasan. Menariknya, walaupun Mycobacterium tuberculosis adalah bakteri tahan asam akan tetapi bakteri ini cepat mati dengan penyinaran matahari secara langsung sebaliknya bakteri ini dapat bertahan hidup lebih lama pada tempat yang gelap dan lembab.

Bagi anda yang memiliki anggota keluarga pengidap TB harus benar-benar memperhatikan hal ini. Cegah penularan dengan memanfaatkan pencahayaan yang baik di rumah anda. Jadikan jendela rumah sebagai ventilasi yang baik untuk mengurangi droplet, sementara sinar matahari langsung akan membunuh kuman.

Related

Tips 7788277868942161204

Posting Komentar

emo-but-icon

item