Manfaat Buah Ceri untuk Penderita Asam Urat

Artritis gout adalah suatu proses inflamasi (pembengkakan) yang terjadi karena deposisi, deposit atau timbunan kristal asam urat pada jaringan sekitar sendi atau tofi. Menurut American College of Rheumatology (2002), gout adalah suatu penyakit sendi dan potensi keterbatasan pergerakan sendi akibat peradangan yang disebabkan oleh deposisi kristal asam urat pada tofi.

Bagi anda penderita asam urat disarankan selalu memeriksakan kadar asam urat setiap minggu. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa kadar asam urat darah > 7 mg/dl meningkatkan risiko munculnya serangan akut setelah masa intercritical. Risiko ini meningkat sampai 2,34 kali bila dibandingkan dengan penderita dengan kadar asam urat < 7 mg/dl. Kadar asam urat > 6,8 mg/dl juga dilaporkan meningkatkan risiko deposisi kristal asam urat di ginjal.

Bagi penderita asam urat tentu saja sudah tidak asing lagi dengan istilah obat allopurinol yang diminum untuk menurunkan kadar asam urat. Akan tetapi anda harus berhati-hati, allopurinol merupakan salah satu agen yang dapat mencetuskan serangan akut yang lebih hebat. Allopurinol bekerja dengan cara mendegradasi timbunan kristal urat di sendi. Bila degradasi kristal urat terjadi dengan cepat dan segera, sistem imun tubuh akan memunculkan reaksi pembengkakan untuk mengeliminasi kristal yang terlepas tersebut akibatnya munculah gejala nyeri sendi yang lebih hebat bila dibandingkan dengan sebelumnya. Solusi yang tepat bagi penderita dengan asam urat adalah kombinasi antara allopurinol dengan obat atau agen yang dapat menekan reaksi sistem imun tubuh sehingga proses eliminasi kristal asam urat dapat terjadi dengan nyaman. Sampai saat ini hanya kolkisin yang bekerja secara efektif untuk menekan reaksi sistem imun saat eliminasi kristal asam urat tersebut.

Anda yang gemar mengkonsumsi buah-buahan, buah cherry dapat menjadi solusi alternatif kolkisin. Buah cherry adalah salah satu agen yang dapat menekan reaksi sistem imun terhadap proses degradasi kristal urat. Penelitian terbaru membuktikan bahwa konsumsi buah cherry minimal 230 gram dapat menurunkan kadar CRP (C-Reacticve Protein), protein pertanda inflamasi akut, dalam plasma darah penderita asam urat. Istimewanya lagi dengan mengkonsumsi 230 gram buah cherry dapat menurunkan kadar asam urat dalam darah sampai 183 ± 15 μmol/L dalam waktu 5 jam. Konsumsi buah ini juga ditengarai dapat meningkatkan eksresi asam urat melalui ginjal sampai 350 ± 33 μmol/mmol (normal : 202 ± 33 μmol/mmol) dalam waktu 3 jam. Menarik bukan? Bagi anda yang menjalani pengobatan dengan allopurinol dapat mencicipi segarnya buah cherry dengan efek yang menguntungkan tentunya.

Referensi :
1. Darshan et al. 2013. Sweet Bing Cherries Lower Circulating Concentrations of Markers for Chronic Inflammatory Diseases in Healthy Humans. J. Nutr. March, (143):1. Pp. 340-344
2. Perez. 2009. Treating to target: a strategy to cure gout. Oxford Journals Medicine Rheumatology (48):1. Pp. 119-124
3. Jacob et al. 2003. Consumption of Cherries Lowers Plasma Urate in Healthy Women. J. Nutr. June 1, (133):6. Pp. 1826-1829

Related

Tips 977677566492888967

Posting Komentar

  1. http://reretaipan88.blogspot.com/2018/07/asiataipan-taipanqq-taipanbiru-teknik.html

    Taipanbiru
    TAIPANBIRU . COM | QQTAIPAN .NET | ASIATAIPAN . COM |
    -KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
    Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID terbaik nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    1 user ID sudah bisa bermain 8 Permainan.
    BandarQ
    AduQ
    Capsasusun
    Domino99
    Poker
    BandarPoker
    Sakong
    Bandar66

    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • WA: +62 813 8217 0873
    • BB : E314EED5

    Daftar taipanqq

    Taipanqq

    taipanqq.com

    Agen BandarQ

    Kartu Online

    Taipan1945

    Judi Online

    AgenSakong

    BalasHapus

emo-but-icon

item