Tips Mencegah Batu Empedu


Empedu sebagian besar tersusun atas air dan memiliki fungsi sekretorik yaitu membawa bilirubin dan kelebihan kolesterol ke dalam usus untuk dikeluarkan bersama feses. Fungsi pencernaan empedu dilakukan oleh garam empedu, yang akan mengemulsikan lemak di dalam usus halus. Emulsifikasi berarti pemecahan molekul lemak yang berukuran besar menjadi molekul yang berukuran lebih kecil.

Dimana Empedu Diproduksi?

Empedu dibentuk secara simultan oleh sel hati dan vesika biliaris (kandung empedu). Produksi empedu dirangsang oleh hormon sekretin yang diproduksi duodenum ketika makanan mulai masuk ke usus halus. Ketika makanan yang mengandung lemak memasuki duodenum, mukosa duodenum akan mensekresi hormone kolesistokinin. Hormone ini akan merangsang kontraksi otot polos pada dinding kandung empedu, yang akan mendorong empedu memasuki saluran khusus yang akhirnya bermuara pada duodenum.

Fungsi Empedu dan Masalah yang Muncul

Salah satu fungsi kandung empedu adalah memekatkan empedu dengan menyerap kandungan airnya. Jika empedu mengandung kolesterol dalam konsentrasi tinggi, maka penyerapan air akan memungkinkan terjadinya pembentukan kristal kolesterol. Kristal tersebut adalah batu empedu.

Jika batu empedu tersebut berukuran kecil, ia akan dapat melewati saluran (duktus kistikus dan duktus koledokus komunis) ke dalam duodenum tanpa menimbulkan gejala. Namun jika ukuran besar, batu empedu tersebut tidak akan dapat melewati saluran tersebut dan dapat menimbulkan rasa sakit yang menjalar dari ulu hati ke bahu kanan. Warna kulit tubuh terutama wajah, mata dan telapak tangan akan menjadi kuning lantaran empedu terbendung sehingga menyebabkan aliran balik ke hati, dengan demikian bilirubin diserap kembali ke dalam darah.

Hindari Pembentukan Batu Empedu dengan Konsumsi Makanan Berserat

Fiber (serat) diketahui bermanfaat untuk menghambat pembentukan batu empedu. Diet tinggi serat terbukti dapat menurunkan biliary cholesterol saturation index (BCS index) yaitu indeks kadar kolesterol dalam saluran biliaris dan chenodeoxycholic acid (CDCA). Penurunan indeks ini artinya telah terjadi penurunan kadar kolesterol empedu sehingga kemungkinan terbentuknya batu empedu dapat dihindari. Menarik bukan? Bagi anda yang berisiko menderita batu empedu boleh mencoba tips ini. Diet dengan sayuran atau buah-buahan kaya kandungan serat serta kurangi konsumsi makanan berlemak anda.

Related

Tips 1975893477362698354

Posting Komentar

emo-but-icon

item